Cara Menang di Pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung

Ajang pemilihan muli mekhanai adalah kompetisi bujang gadis di provinsi lampung. Perlombaan memilih muda-mudi dari berbagai daerah lampung untuk menjadi seorang Duta Pariwisata baik di kabupaten maupun tingkat provinsi.

Kata Muli mekhanai adalah sebutan untuk gadis di daerah lampung, Dimana masyarakat daerah lampung menyebut muli yang memiliki arti gadis (sebutan untuk anak perempuan yang belum menikah) dan mekhanai artinya bujang (yakni sebutan untuk anak laki-laki yang belum menikah).

Bagi pemenang bujang gadis sendiri akan menjadi wadah untuk membantu pemerintah dalam melestarikan dan mensosialisasikan budaya serta pariwisata di daerah tersebut. Tak heran jika pemilihan muli mekhanai setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah peserta yang mendaftar.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh dinas pariwisata, jika di tingkat kabupaten/kota maka yang mengurus kegiatan tersebut adalah pihak dinas pariwisata daerah, akan tetapi jika ditingkat provinsi maka sebagai penyelanggara yakni dari pihak dinas pariwisata provinsi tersebut.

Pemilihan muli mekhanai memberikan dampak positif bagi para peserta, selain melatih mental dan kepercayaan diri, seseorang yang pernah mengikuti pemilihan muli mekhanai akan terlihat berwibawa, mengerti sejarah daerah,  memiliki kepribadian yang baik seperti kesopanan, disiplin, keramahan, rasa tanggung jawab dan peka terhadap lingkungan.

Banyak yang mengira dalam pemilihan muli mekhanai hanya mengandalkan tinggi badan, paras yang cantik, dan penampilan fisik yang sempurna.

Akan tetapi pada dasarnya yang harus dimiliki seorang peserta muli mekhanai selain pengetahuan yang cukup tentang sejarah daerah, memiliki budi pekerti yang baik, dan memahami tentang budaya daerah secara umum. 
Di provinsi lampung pemilihan bujang gadis diadakan setiap tahun sekali, diawali dari pemilihan tingkat kabupaten/kota di masing-masing daerah dengan peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, kalangan umum, hingga instansi.

Kemudian para pemenang dari kabupaten masing-masing akan diperlombakan di tingkat provinsi untuk memperebutkan gelar Muli Mekhanai Provinsi Lampung.

Apabila kamu ingin ikut serta dalam pemilihan muli mekhanai di lampung, maka kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu agar kamu bisa tampil memukau dan percaya diri agar lolos sampai tahap akhir hingga menjadi pemenanag. Yukk ikuti langkah-langkahnya:

Selain berkas persyaratan, sebagai pondasi yang harus kamu persiapkan adalah:

1. Mental
Mental wajib kamu miliki, katakan bahwa saya bisa dan berani tampil didepan umum. Untuk kamu yang tidak biasa tampil dihadapan banyak orang tidak masalah terus paksa diri kamu agar terbiasa.

2. Sopan santun
Sikap ini adalah salah satu senjata ampuh kamu agar bisa meluluhkan hati dewan juri. Sehingga kamu akan menjadi pusat perhatian semua orang.

3. Ramah
Setiap juri akan membagi strategi untuk selalu memperhatikan peserta, perlu kamu ketahui. Juri itu terbagi menjadi beberapa bagian, Ada juri bayangan, juri khusus, juri umum. Yang perlu kamu waspadai adalah juri bayangan mereka biasanya pura-pura jadi seksi dokumentasi, terus tiba-tiba muncul di di samping bahkan dibelakang anda.

Mereka juga akan memantau dari sudut yang jauh dan melihat gerak gerik sikap anda, jadi harus selalu waspada dan tetap tersenyum selalu dengan ramah di setiap berinteraksi dan saat perkenalan diri.

4. Penampilan
Penampilan ini salah satu strategi kamu, mungkin kamu kurang paham dan susah menghapal kan wawasan/materi. Nah disini saatnya kamu menyerang dan membungkam semua orang yang melihat dengan penampilanmu.

Tapi ingat jangan kelewatan batas yang akan jadi boomerang kamu sendiri, setidaknya kamu menjaga muka agar selalu segar rambut diberi pomade bagi laki-laki, baju yang rapih tidak terlalu besar dan haris pas body, pakaian tidak kusut bahkan jagan sampai robek atau terkena noda, begitu juga sepatu yang harus bersih. Pokoknya rapi baik posisi formal maupun saat berpakaian casual.

5. Pengetahuan
Sebelum kamu mendaftar terlebih dahulu persiapkan materi tentang budaya daerah, sejarah provinsi yang terdiri dari kapan berdirinya, jumlah kecamatannya, apa saja makanan khas daerah, wisata religi, wisata pendidikan, bahkan kamu wajib mengetahui festival tahunan daerah tersebut dan prestasi jika daerahnya pernah mendapatan rekor MURI dan kegiatan-kegiatan pariwisatanya. Jika kamu bisa menguasai itu semua yakin top 3 besar sudah dalam genggaman.

Banyak orang yang mengikuti muli mekhanai hanya mengandalkan kemampuan bahasa inggris yang cas cis cus, suara bagus jika bernyanyi, dan modal tinggi saja. Ujung-ujungnya mentok di finalis bahkan gugur dan jadi ejekan teman-teman kamu. Padahal yang utama itu mengerti dan mengetahui sejarah paling pokok. 

Pada intinya yakin dan selalu percaya dengan kemampuan kamu, Lakukan dengan penuh semangat tunjukan kesemua penonton bahwa kamu layak menjadi juara, oke semoga bermanfaat ya sahabat muli mekhanai.
Baca Selengkapnya: Cara Lolos Jadi Finalis Muli Mekhanai Lampung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel