Tips Cerdas Agar Semangat Menabung, Baca Dulu

Cacatrik.com - Sebagian orang memang sangat susah untuk menyisihkan uangnya, bahkan menjadi momok tersendiri yang dirasakan karena sangat susah untuk dilakukan. Apalagi jika kamu tidak terbiasa berhemat untuk menabung.

Merubah kebiasaan untuk menabung memang sangat sulit, misalnya saja mengurangi jatah untuk belanja, makan dan jalan-jalan. Namun dengan tips berikut ini anda dapat lebih semangat lagi menabung untuk menggapai tujuan anda. Berikut tipsnya:

1. Menabung Pakai ATM Bank
Tips cerdas menabung di bank ini sangat sederhana dan jarang sekali disadari oleh banyak orang. Tips ini bukan berarti harus setor sekian ratus ribu atau sekian juta bukan, melainkan memanfaatkan uang receh di rekening untuk sisihkan ke rekening lain.

Cara cerdas nya adalah menabung dengan cara transfer ke bank Kita sendiri dengan nominal kecil.

Sayaratnya kita harus punya rekning bank lebih dari 1, misalnya kita punya rekening bank BRI maka kita buka dulu rekening Bank BRI Syariah. Ini cocok dan biaya transfer BRI ke BRI Syariah cuma Rp 3000,-

Bayangkan seumpama di Rekening BRI kita nominal nya pasti tidak bulat betul? Contoh di Rekening BRI nominalnya Rp 96.000 maka sudah bisa dipastikan kita bisa menabung di BRI Syariah kita sebesar Rp 43.000,- bayangkan jika setiap Minggu kamu bisa transfer nominal pecahan dari BRI ke BRI Syariah kita.

Tips ini bisa juga dipakai di rekening bank lain seperti: Mandiri dan Mandiri Syariah, BNI dan BNI Syariah

2. Tanpa Rekening Bank
Tips menabung tanpa rekening bank sudah pasti pakai chalenge (Celengan). Biasanya remaja atau anak sekolah cara menabung pakai celengan.
Jika kita menabung pakai celengan juga cara paling cepat sekejap uang recehan bisa langsung tersimpan.

Poin Penting Dalam Menabung Agar Kita Semangat:

1.Tekad
Tantanglah diri anda sendiri agar anda lebih bermotivasi, jika kita sudah punya tekad kuat maka impian akan terwujud. Kamu pasti pernah melihat orang-orang yang berhasil dalam menabung. Nah jadikan mereka sebagai motivasimu untuk melakukan hal yang lebih lagi.

2.Tentukan tujuan.
Tanpa tujuan, kamu pasti kurang semangat untuk menabung. Jadi tentukanlah tujuan kamu Misalnya kamu ingin membeli hp atau laptop baru dengan uang sendiri, karena hal tersebutlah kamu akan menjadi lebih bermotivasi.

3. Membuat Catatan Keuangan.
Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui pergerakan uang kamu, jangan sampai lebih banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan.

Jadi catatlah apa saja pengeluaran agar kamu lebih berhati-hati untuk membelanjakan uang. Jika selama ini kamu tidak berfikir dua kali dalam membelanjakan uang, maka kali ini kamu harus berfikir agar dapat berhemat.

4. Makan Dengan Masakan Sendiri.
Kamu menabung bukan berarti kamu harus sengsara dan tidak makan terutama bagi yang sudah berkeluarga. Kamu dapat mengaturnya dengan cara memasak dan tidak membeli makanan jadi. Karena jika membeli makanan jadi pasti pengeluaran anda akan lebih banyak dalam sehari apalagi makan bisa tiga kali dalam satu hari..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel