Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Cacatrik.com - Pada zaman nodern seperti sekarang ini memang sudah banyak sekali tepat belanja online, dengan adanya online ini tentu akan mempermudah kita dalam berbelanja karena kita tidak perlu pergi ke tampatnya melainkan hanya tinggal memesan dan tunggu barangnya sampai.

Meskipun sudah menjamurnya produk online, tapi masih banyak pula orang yang takut dan meragukan keaslian toko online. Hal ini bukan tanpa alasan, namun karena sudah banyak kejadian penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung mjawab.

Agar anda tidak tertipu berikut tipsnya
-Lakukan riset pada situs. Sudah banyak sekali situs-situs yang mengatasnamakan produk online, namun kenyataannya pelakunya adalah seorang penipu. Jadi lihatlah profil web produk tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa nomr tlpn yang tertera, jika tidak meyakinkan jangan belanja di situs web tersebut.

-Lihat pemesan terdahulu. Biasanya jika situs tersebut asli maka pasti sudah pernah ada konsumen yang berbelanja. Maka amati seperti apa komentar mereka mengenai produk online tersebut.

-Jangan tergiur harga murah. Siapa yang tidak menyukai harga murah, apalagi produk yang kita inginkan itu produk yang harga aslinya mahal. Jadi anda harus menjadi pembeli yang pintar, jika produknya bagus pasti harganya juga mahal karena tidak mungkin mereka menjual dengan harga murah yang akan menyebabkan mereka mengalami kerugian.

-Ketahui cara pembayaran. Hal ini sangat penting karena jika anda sudah melakukan pembayaran, namun tidak ada buktinya maka tidak ada yang percaya jika anda sudah membayarnya. Jadi bukti pembayarann didapat ketika anda bertransaksi dengan cara transfer dan jangan lupa menyimpan bukti tersebut. Cara lain yang dapat anda gunakan adalah dengan COD atau bertemu langsung.

-Periksa harga total. Biasanya jika anda membeli produk online pasti ada ongkos kirimnya, jadi pastikan antara harga barang dengan ongkos kirim sesuai. Anda juga dapat mengakses ongkos kirim pada setiap daerah agar anda tidak tertipu.

-Periksa status pengiriman. Jika barang sedang dalam proses pengiriman maka anda dapat mengetahui status produk anda dengan memasukkan nomor resi anda kedalam situs pengiriman yang dipilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel