3 Tips Saat Beli Duren Agar Tidak Kecewa dan Dikijangin Penjual

Penjual buah durian (foto newsakurat.co)
Cacatrik.com - Siapa yang tidak kenal dengan buah durian atau biasa kita sebut Duren, Buah yang memiliki duri ini salah satu yang banyak diminati. Selain manis dan enak cita rasa nya pun membuat kita ketagihan.

Bagaiamana cara agar kita tidak salah beli duren? 3 Tips ini mungkin sangat membantu anda Saat Beli Duren
 Tujuannya Agar anda Tidak Kecewa dan merasa Dikijangin Penjual duren.

Dahulu orang berjualan durian (duren) itu asli durian yang jatuh bukan durian yang dipetik, dan anda pasti pernah mencoba merasakan kenikmatan durian jatuh itu segar, enak, dan gurih.

Berbeda dengan sekarang banyak sekali kecurangan yang dilakukan oleh pedagang agar buah durian yang dijual terlihat menarik padahal jelas durian yang dijual itu mentah karena hasil petikan. Maka dari itu kita perlu teliti dalam memilih buah durian yang akan kita beli agar kita tidak kecewa.

Pedagang durian nakal biasanya menggunakan teknik curang, dan ini harus kita perhatikan. Banyak kasus terjadi ketika kita membeli buah duren untuk oleh oleh, giliran dibuka ternyata mengecewakan, busuk, rasanya hambar dll.

Kami pastikan ketika anda membaca artikel tentang Tips memilih buah durian agar tidak kecewa ini dapat menambah wawasan anda dan mudah mudahan anda tidak akan bisa dikibuli oleh penjual penjual nakal.

Kenapa kami kupas trik ini? Karena kami yakin dan percaya sebagian besar masyarakat kita tidak pernah tahu bagaimana buah asli duren yang memang bagus, kecuali jika dikampung kita pernah merasakan dan melihat bagaimana pohon durian berbuah segar (durian jatuh) dan buah durian layu (buah petikan)

Berikut 3 tips amoua memilih buah durian:

1. Ukuran

Ini sering kami pribadi temukan bahwa pembeli cenderung memilih buah duren dengan ukuran besar dan menyepelekan buah yang kecil. Artinya tahap pertama kita boleh memilih sesuai selera mau pilih yang buah durian yang besar, sedang atau yang kecil.

Tapi yang jelas enak atau tidaknya duren bukan ditentukan dari ukuran, tetapi dari ciri fisiknya. Setelah kamu pilih beberapa durian lanjut ke langkah kedua.

2. Di Ketuk Pakai pisau / Golok
Cara kedua ini cukup jitu dan bisa dibuktikan setalah anda pilih beberapa durian tadi tinggal anda seleksi, yaitu dengan mengetuk bagian duri atau bagian tangkai atas durian, jika suara ketukan nya penuh dan terdengar nyaring sudah bisa dipastikan duriannya Matang karena bagian dalam buah sudah lepas dari kulit.

Sebaliknya jika suara ketukan tidak penuh dan tidak nyaring berarti buah durian itu masih mentah karena bagian isi durian belum sepenuhnya terpisah dari daging dan kulit. Mungkin anda masih bingung jika masih pertama mencoba, tapi jika sudah sering anda akan tahu.

3. Aroma
Langkah ketiga ini adalah langkah terakhir, setelah memilih ukuran, lalu mengetuk bagian duri atau tangkai dilakukan anda bisa menentukan pilihan terakhir yaitu dengan mencium bagian luar buah durian itu.

Ingat, Poin ketiga ini perlu lebih teliti karena penjual nakal menyiasati kecurangan dengan menyemprotkan durian yang sudah dicairkan ke permukaan kulit durian, sehingga  kita sering terkecoh.

Artinya apa? Ketiga Poin trik tersebut saling berkaitan, jika hanya memilih Trik 1 dan 2 saja sebenarnya tidak masalah tapi kan kurang apdol jika belum diciumi 😄😄😄😄😄

Sedangkan jika anda membeli durian hanya memakai trik nomor tiga yaitu cukup mencium aroma nya saja kami jamin anda akan kecewa. Ya seperti yang kami jelaskan tadi, banyak penjual curang dengan menyemprotkan aroma buah ke bagian permukaan durian.

Kesimpulan.
Kami yakinkan anda tidak akan kecewa lagi ketika membeli durian, ingat saja triknnya:
- Pilih dulu ukuran
- Memastikan dengan mengetuk duri atau bagian tangkai
- Terakhir aroma, ini juga tidak wajib. Yang paling utama nomor 1 dan 2.

Selamat mencoba, dan selamat anda telah menjadi pembeli yang pintar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel