Khusus Pemula, Begini Cara Check-in Tiket Pesawat Saat Tiba di Bandara

Cacatrik.com - Buat kamu yang belum pernah check-in pesawat jangan khawatir, setelah kamu baca artikel ini kamu tidak akan bingung alias tersesat. Baca secara seksama ya agar checkin pesawat untuk penerbangan pertama kamu berjalan lancar 😁😁.

Umumnya, batas waktu untuk Check In adalah 1 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan dalam negeri dan 2 jam untuk penerbangan luar negeri. Konter Check In, biasanya dibuka 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum pesawat berangkat.

Kalau belum pernah naik pesawat sendiri pasti kamu akan bingung bagaimana alur Check-in tiket ketika tiba di bandara. Berbeda dengan naik pesawat ikut orang atau teman biasanya kamu tidak akan fokus tahap tahapan Check-in nya bagaimana, 😁 karena kamu pasti asik Selfi dan tidak memperhatikan.

Jika kamu sudah pernah naik pesawat untuk apa baca artikel ini ya ngga 😁. Tapi kalau kamu baru mau pertama kali naik pesawat sendiri maka lanjutkan saja membaca agar kamu faham tahapan checkin tiket pesawat saat tiba di bandara.

Suatu saat nanti mungkin kamu harus naik pesawat sendiri, atau ada keperluan mendadak yang mengharuskan kamu menggunakan transportasi udara. Nah ini penting diketahui tata cara nya, mulai dari awal hingga akhir.

Sebenarnya ini gk perlu dikasih tahu karena cara checkin tiket pesawat mudah saja tinggal kita tanya kepada security minta di pandu, tapi kan gengsi 🐰 dah gaya nya necis abis, ya malu dong masa mau tanya tanya segala 😁😁😁 (becanda..)

Sama halnya dengan check-in tiket di bioskop, hanya saja alurnya sedikit berbeda, dalam Check-in tiket pesawat kamu cukup memperhatikan tahapan berikut ini:
  1. Ketika hari keberangkatan mu tiba kamu wajib datang lebih awal (lebih kurang 2 jam) kamu sudah sampai di bandara. Ini penting agar kamu tidak gupek. Kecuali lokasi bandara dekat dengan tempat tinggal mu ya bisa datang 1 jam sebelum keberangkatan tiba.
  2. Saat tiba di bandara, ingat kamu harus Masuk Lewat Pintu Keberangkatan (Departure)
  3. Siapkan data E-Tiket yang telah kamu booking, tunjukkan saja detail pesanan kamu di Hp selain itu jangan lupa tanda Pengenal (KTP)
  4. Setelah masuk kamu tinggal ikuti pemeriksaan barang bawaan, mohon jangan sekali kali membawa barang terlarang seperti Senjata tajam, Atau senjata api, Narkoba dll.
  5. Kamu menuju tahap Check-in tiket. Pastikan tempat kamu check-in sesuai dengan tiket, misalnya tiket kamu Sriwijaya Air, maka kamu checkin nya di Sriwijaya Air, begitu juga jika tiket kamu Garuda maka kamu checkin nya di Garuda dan Silahkan ngantri dengan santai.
  6. Tunjukkan bukti pembelian tiket mu dengan cara menunjukan langsung bukti di HP (Email) jangan lupa KTP juga. Bukti pembelian tiket bisa kita tunjukan dari HP artinya walaupun Tiket anda dibelikan orang lain tak masalah asal data nya di kirim terlebih dahulu ke kamu.
  7. Setelah itu tunggu beberapa saat kamu akan diberikan Selembaran Kertas Tiket, yang menandakan kamu sudah checkin.
  8. Perhatikan keterangan pada tiket yang kamu terima, Tempat kamu duduk di bangku nomor berapa, dan menunggu nya dimana, kode penerbangan nya semua jelas di tiket yang kamu terima tadi.
Selesai check in, kamu bisa segera masuk ke boarding room yang dipisahkan oleh gate. Duduklah di gate yang tertera di boarding pass. Tanya saja kepada petugas apabila Anda tak yakin. Di boarding room, Anda bisa menunggu pesawat dan untuk mengetahui status kedatangan pesawat Anda, perhatikan informasi rute pesawat dan nomor penerbangan yang akan diumumkan petugas.

Saat jam keberangkatan telah tiba, masuklah dalam pesawat dan cek kembali nomor kursi Anda. Bila kursi Anda berada di urutan nomor awal, naiklah dari pintu depan. Dan sebaliknya, jika kursi Anda memiliki nomor tengah sampai akhir, naik saja dari pintu belakang.

Bila Anda membawa koper kecil yang muat di bagasi pesawat, Anda bisa langsung meletakkannya di bagasi kabin di atas kursi Anda. Jika Anda hanya membawa tas tangan kecil, tak perlu menaruhnya dalam kabin, Anda bisa memangkunya saat duduk. Selesai menaruh tas di bagasi kabin, duduklah dan kenakan sabuk pengaman.
Baca juga Cara Mudah Beli Tiket Pesawat di Traveloka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel