Cara Jitu Memancing Ikan Laut / Tawar Agar Dapat Banyak

Cacatrik.com - Memancing ikan bisa dilakukan di air tawar dan air laut. Memancing ikan di air tawar seperti kolam, sungai dan danau. Nah bagaimana agar pancingan kita jitu dapat banyak ikan? Baca tips dibawah ini

MANCING DI LAUT

Kebanyakan mancing di laut dilakukan dari pinggir laut (pantai), di atas dermaga, di atas breakwater structure atau di atas bagan. Cara mancing ini menggunakan teknik casting. Umpan mancing di laut pinggir memakai teknik casting biasa digunakan lure (umpan tiruan).

Umpan Alami Mancing Laut Pinggir

- Cumi-cumi 
Ini sebagai umpan andalan jika mancing di malam hari.

- Kepiting
kepiting biasa saya pakai sebagai umpan mancing di laut khusus yang berbebatuan atau karang adapun ikan yang dapat dijadikan target dengan umpan kepiting ini ialah semua jenis dari keluarga Kerapu, Kakap, dan ikan-kan peredator penghuni karang lainnya. 

- Udang
Jika memilih udang sebagai bekal umpan, udang hidup sangat di utamakan ketimbang udang di beli dipasar, pengalaman pribadi membeli udang dari pasar hasilnya NOL, mungkin udangnya sudah di kasih formalin.

Jadi saran saya belilah udang yang masih hidup atau minimal mati tapi dari nelayan langsung bukan yang sudah masuk kepasar.

Anda juga harus memperhatikan Beberapa Jenis Umpan  Buatan Yang Bisa Dipakai yaitu:

Lure jenis Top Water

Bila melihat ikan-ikan kecil berada di permukaan air yang artinya ikan-ikan besar yang menjadi target juga berada di permukaan maka pilih umpan tiruan jenis top water antara lain popper. Gerakkan joran secara hati-hati agar bisa menghasilkan cipratan air seakan akan ikan-ikan kecil yang siap dimangsa ikan target.

Lure jenis Minnow

Umumnya jenis-jenis ikan kecil senang berenang dibalik bebatuan karang saat kondisi air pasang. Ikan-ikan target berukuran besar umumnya akan mendatangi spot ini untuk memangsa ikan-ikan kecil tersebut. Bila kondisi perairan cukup dangkal dengan air pasang maka pemakaian umpan minnow dapat diterapkan. Umpan palsu yang dapat dilempar hingga jauh sangat disarankan agar bisa menjangkau spot dengan air lebih dalam.

Lure jenis Vibration

Umpan mancing di laut pinggir jenis ini disarankan bila spot pasti ikan target cukup sulit dipastikan. Pemakaiannya cukup mudah cukup dengan menggulung senar menggunakan reel sehingga umpan menimbulkan getaran yang akan ditangkap oleh ikan target.

Metal Jig

Kalau menginginkan casting dengan jarak lebih jauh dan dalam maka umpan jenis metal jig sangat disarankan. Lure jenis Metal jig kecil bisa menjangkau spot yang sangat jauh serta bisa menyelam lebih dalam dibanding umpan palsu yang dibuat dari bahan kayu atau kayu. Ikan target yang cocok dengan jenis lure ini berupa ikan-ikan yang sering berenang kolom air pertengahan atau dasar. Selagi memakai umpan metal jig ini, pemancing mesti menggerakkan joran ke atas bawah supaya umpan bisa bergerak menurut keinginan.

MANCING DI AIR TAWAR

Memancing di air tawar misalnya dilakukan di sungai, empang, rawa-rawa, waduk, danau dan kolam. Selain umpan, setting alat pancing yang tepat pun diperlukan untuk keberhasilan memancing. Beberapa jenis umpan berikut ini merupakan umpan favorit bagi kebanyakan pemancing di air tawar yaitu :

Umpan Ikan Air Tawar Paling Jitu:

Cacing tanah
Umpan jenis ini memang paling disenangi oleh kebanyakan jenis ikan air tawar misalnya ikan Lele, Nila, Patin, Gabus dan sebagainya. Kecuali gampang diperoleh, cacing tanah pun sangat praktis.

Kroto
Kroto pun merupakan umpan yang sangat ampuh digunakan mancing ikan air tawar. Umpan yang merupakan telur semut ini memiliki kandungan protein yang bisa merangsang nafsu makan ikan yang mengendusnya. Cara memperolehnya pun sangat mudah, cukup dengan membelinya di pedagang pakan burung dengan harga murah.

Ketela Rambat
Cara membuatnya cukup dengan direbus sampai matang dan selanjutnya tambahkan pelet ikan dan beberapa bahan tambahan lain. Kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang siap dipasang di mata kail.

Lumut
Lumut pun terhitung jenis umpan air tawar yang cukup disenangi ikan. Cukup dengan memasangkannya di mata kail dengan cara menggulung-gulungkannya. Bisa juga lumut ini ditambahkan beberapa bahan penguat rasa dan bau sebelum digunakan.

Umpan buatan
Kalangan pemancing mania pun umumnya telah memiliki resep jitu andalan sendiri saat mereka memancing di perairan air tawar. Resepi ini biasa dibuat dari aneka bahan penyusun seperti pelet, ubi jalar, nasi, ditambah juga dengan essen dan pasta untuk pengaut rasa dan bau.

Cara Meracik Umpan

Bagi anda yang ingin bereksperimen membuat resepi umpan ikan air tawar sendiri, berikut beberapa yang bisa anda coba.

Umpan Amis
Bahan-bahan : 1 kg putih telur, kroto secukupnya, keju kraft, 1 sendok teh biang susu, 3 sendok makan susu bubuk Dancow, 10 ekor udang Jerbung, mie instan goreng, 1 sendok pisang susu.

Cara membuat : Siapkan blender, masukkan semua bahan kecuali kroto dan biang susu, dan blender hingga adonan terlihat mengembang. Tambahkan kroto dan aduk adonan. Tuang adonan ke dalam kantong plastik dan biarkan sekitar 45 menit. Tambahkan biang susu dan aduk agar merata. Umpan sipa digunakan.

Umpan Keju
Bahan-bahan : keju parut sesuai yang dibutuhkan, 6 tetes essen tenggiri, 1 bungkus santan kara, 200 gram kroto, 5 butir telur ayam, kinoy seperlunya.

Cara membuat : semua bahan ditempatkan dalam baskom, aduk-aduk agar merata dan selanjutnya tuangkan dalam kantong plastik. Kukus adonan dalam kantong platik tadi kurang lebih 15 menit dan selama pengukusan dibolak-balik agar matang merata. Angkat dan dinginkan. Adonan kemudian diblender halus dan ditambahkan essen tenggiri. Umpan sudah bisa digunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel